1. Hardware [Kembali]
A. LCD Character 16x2
B. Keypad
2. Rangkaian Simulasi [Kembali]
3. Flowchart [Kembali]
4. Listing Program [Kembali]
// Deklarasi library LCD
#include <LiquidCrystal.h>
// Deklarasi library keypad
#include <Keypad.h>
// Deklarasi jumlah baris
const byte ROWS = 4;
// Deklarasi jumlah kolom
const byte COLS = 3;
char keys[ROWS][COLS] = {
//Inisialisasi keypad matriks 4x3
{'1', '2', '3'},
{'4', '5', '6'},
{'7', '8', '9'},
{'*', '0', '#'}
};
// Deklarasi pin yang digunakan untuk baris
byte rowPins[ROWS] = {11, 12, 13, 14};
// Deklarasi pin yang digunakan untuk kolom
byte colPins[COLS] = {10, 9, 8};
// Inisialisasi library dengan pin yang digunakan
LiquidCrystal lcd(2, 3, 4, 5, 6, 7);
Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );
void setup() {
// Set baris dan kolom LCD
lcd.begin(16, 2);
}
void loop() {
// Membaca keypad
char key = keypad.getKey();
// Kondisi pilihan jika keypad ditekan
if (key) {
// Menampilkan input dari keypad pada LCD
lcd.clear();
lcd.print(key);
}
}
0 komentar:
Posting Komentar